Farhani, 160206106 (2024) Peran Kepala Madrasah Dalam Implementasi Total Quality Management Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Farhani, 160206106, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Salah satu pendekatan meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan TQM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam implementasi TQM dan mengetahui strategi dalam mempertahankan budaya mutu berbasis TQM di MTsN 5 Aceh Barat. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kurikulum, Wakil Kesiswaan, Bendahara, Guru, Siswa, Kepala Tata Usaha, dan Pengelola Perpustakaan. Tenik analisis data yaitu model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) peran kepala madrasah dalam implementasi TQM meliputi sebagai pendidik (educator), sebagai pengelola (manager), sebagai administrator, sebagai pemimpin (leader), dan sebagai inovator. Sedangkan penerapan TQM yang sudah dilakukan oleh kepala madrasah diantaranya: kepuasan pelanggan, kepemimpinan, respek terhadap semua orang, dan perbaikan secara terus menerus; (2) Strategi Kepala Madrasah Dalam Mempertahankan Budaya Mutu Berbasis TQM diantaranya peningkatan kompetensi SDM madrasah, terciptanya komunikasi atau hubungan yang baik dan kerjasama antar warga madrasah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Farhani Farhani |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:19 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:19 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37598 |