Pengaruh produk, Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pelanggan UMKM Kue Basah di Kopelma Darussalam Kota Banda Aceh)

Rani Agustina, 170602187 (2024) Pengaruh produk, Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pelanggan UMKM Kue Basah di Kopelma Darussalam Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Produk, Harga dan lokasi terhadap Minat Beli] Text (Produk, Harga dan lokasi terhadap Minat Beli)
Rani Agustina, 170602187, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

UMKM Kue Basah merupakan salah satu usaha yang berjualan di kaki lima dan terletak di Kopelma Darussalam kota Banda Aceh. Bisnis ini banyak dijumpai disepanjang jalan Kopelma Darussalam. Banyaknya yang sudah menekuni bisnis ini maka, maka terjadi persaingan yang begitu ketat, membuat pelaku usaha perlu memiliki strategi yang baik dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk, harga dan lokasi terhadap minat beli, baik secara parsial maupun simultan pada UMKM yang menjual kue basah, dan perspektif ekonomi Islam terhadap produk, harga dan lokasi pada minat beli masyarakat di UMKM kue basah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dengan menyebarkan angket/kuesioner dengan populasi masyarakat Kopelma Darussalam kota Banda Aceh sebanyak 3235 orang, karena populasi terlalu banyak maka peneliti mengambil sampel sebanyak 94 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (Uji T) ditemukan bahwa variabel Produk berpengaruh signifikan terdapat minat beli, Harga berpengaruh signifikan terdapat minat beli, dan Lokasi berpengaruh terhadap minat beli. Sedangkan hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas secara bersama-sama dapat disimpulkan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli pada UMKM kue Basah di Kopelma Darussalam Kota Banda Aceh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rani Agustina Rani
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:30
Last Modified: 31 Jul 2024 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37659

Actions (login required)

View Item
View Item