Pengembangan Media Geometri 3D untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bunga Bangsa Aceh Besar

Ihraini, 180210050 (2024) Pengembangan Media Geometri 3D untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bunga Bangsa Aceh Besar. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Geometri 3D untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun] Text (Pengembangan Media Geometri 3D untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun)
Ihraini, 180210050, FTK, PIAUD, 082304412513.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal, permasalahan yang ada di TK Bunga Bangsa adalah kurangnya media pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai, khususnya pada alat permainan geometri 3D yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak, kurangnya kemampuan kognitif anak ini terbukti ketika guru meminta anak untuk menyebutkan bentuk geometri, tetapi banyak anak hanya diam saja dan hanya beberapa anak mampu menjawab pertanyaan guru. Hal tersebut terjadi karena media yang ada di sekolah hanya menggunakan buku bergambar serta poster-poster yang dapat dilihat oleh anak sehingga anak bosan dan jenuh ketika mengikuti proses pembelajaran. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media geometri 3D untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan memakai model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Berdasarkan penilaian validasi materi Media Geometri 3D dari ahli materi, jumlah skor 29 dan dengan persentase 96% dengan kategori sangat layak. Validasi media mendapat jumlah skor 44 dan nilai persentase 80% yang masuk kedalam kategori layak. Kemudian untuk hasil lembar observasi kemampuan kognitif anak mendapatkan skor dari validator 198, jumlah butir pertanyaan 7, jumlah anak uji coba 8 orang, rata-rata skor skala likert 3,2 skor ideal yang didapat 224, hasil persentase 88% yang masuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Geometri 3D dapat mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ihraini Ihraini
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:57
Last Modified: 31 Jul 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37661

Actions (login required)

View Item
View Item