Ahmad Rizaldi, 160201044 (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Juz 30 Di SMP PKPU Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Juz 30 Di SMP PKPU Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ahmad Rizaldi, 160201044, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi manusia sehingga kita dianjurkan untuk Berinteraksi dengan Al-Qur’an mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan cara membaca, menghafalkannya dan mengamalkan isinya. Akan tetapi masih banyak didapati siswa yang kesulitan dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur’an dan hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja upaya Guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan hafalan juz 30 dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal juz 30. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengunakan metode kualitatif yang bersifat deskiptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa adalah memperbaiki bacaan yang salah dan keliru agar sesuai dengan kaidah tajwid, memberikan motivasi dan bimbingan serta menerapkan metode muraj’ah. Adapun hambatan guru dalam meningkatkan hafalan siswa yaitu kurangnya motivasi dari diri sendiri, kemampuan siswa yang tidak sama dan tidak meluangkan waktu untuk menghafal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Rizaldi |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:43 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37691 |