Ulfa Maghfrah, 200205011 (2024) Literasi Matematika Siswa MTs Melalui Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Audio. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
ULFA MGHFIRAH_200205011.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Matematika menggambarkan cara berpikir seseorang dalam memecahkan masalah. Siswa dengan gaya belajar audio mudah memahami pembelajaran dengan video pembelajaran, sehingga memerlukan pendalaman untuk memahami proses siswa dengan gaya belajar audio yang dikaitkan dengan literasi matematika siswa melalui pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar audio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi matematika siswa melalui pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar audio. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar audio kelas VIII MTs Aceh Besar. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan lembar tes sebagai instrumen utama yang dipandu oleh pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pembelajaran diferensiasi, tes tulis dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika siswa melalui pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar audio telah mencapai kategori baik. Tiga dari indikator litetasi matematika yaitu: merumuskan (formulate) yaitu siswa dapat merumuskan aspek-aspek matematika dalam permasalahan yang terdapat pada konteks nyata; siswa dapat mengubah permasalahan menjadi model matematika dan menyelesaikannya, menggunakan (employ) yaitu siswa dapat menyelesaikan persoalan matematika dengan menerapkan rancangan model matematika; dan menafsirkan (interpret) yaitu siswa dapat menafsirkan hasil matematika yang diperoleh. Tiga indikator tersebut
telah dipenuhi oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ulfa Maghfirah Ulfa |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:45 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:45 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37699 |