Literasi Matematika Siswa MTs Melalui Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Kinestetik

Urwatul Usqa, 200205059 (2024) Literasi Matematika Siswa MTs Melalui Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Kinestetik. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Literasi Matematika Siswa MTs Melalui Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Kinestetik] Text (Literasi Matematika Siswa MTs Melalui Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Kinestetik)
Urwatul Usqa_(200205059).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya literasi matematika siswa disebabkan oleh penerapan pembelajaran yang belum optimal. Dalam proses pembelajaran guru masih menyamaratan semua gaya belajar dan kemampuan setiap siswa. Sehingga diperlukan suatu solusi yang dapat mengembangkan literasi matematika siswa, yaitu melalui pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar kinestetik. Pembelajaran diferensiasi merupakan cara belajar mengajar di mana siswa dapat mempelajari pelajaran sesuai dengan gaya belajar, minat dan kebutuhannya, sehingga setiap siswa tidak frustasi dan merasa gagal terhadap pengalaman belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa MTs melalui pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar kinestetik. Selanjutnya untuk mengidentifikasi literasi matematika siswa melalui pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTsN 2 Aceh Besar yang berjumlah 2 orang. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Instrumen yang digunkan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, modul ajar diferensiasi, soal tes literasi matematika, dan pedoman wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika siswa melalui pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar kinestetik telah mencapai kategori baik. tiga dari indikator litetasi matematika yaitu merumuskan (formulate), menggunakan (employ), dan menafsirkan (interpret) telah dipenuhi oleh siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Urwatul Usqa Usqa
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:44
Last Modified: 01 Aug 2024 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37701

Actions (login required)

View Item
View Item