Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Materi Tata Nama Senyawa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Unggul Darul Imarah

Nova Purnamasari, 291325039 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Materi Tata Nama Senyawa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Unggul Darul Imarah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pendidikan]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan)
Nova Purnamasari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif dan juga disebabkan oleh materi yang bersifat kualitatif yang dipenuhi dengan konsep uraiandan hafalan yang menyebabkan hasil belajar rendah. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukanlah penelitian tentang pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining pada materi tata nama senyawa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Unggul Darul Imarah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan model student facilitator and explainingpada materi tata nama senyawa di SMAN 1 Unggul Darul Imarah.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dan angket respon siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X IPA2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas X IPA4 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan independent sample t test dan didapat kesimpulan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining pada materi tata nama senyawa pada SMAN 1 Unggul darul Imarah serta analis uji N-gain diperoleh nilai rata-rata 0,6 untuk kelas eksperimen dengan katagori sedang dan 0,2 untuk kelas kontrol dengan katagori rendah. Hasil presentase respon siswa yaitu 89,5 % mengidentifikasikan bahwa siswa tertarik belajar dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Hilmi, M.Ed. 2.Muammar Yulian, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Respon, Tata Nama Senyawa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nova Purnamasari
Date Deposited: 04 May 2018 08:03
Last Modified: 04 May 2018 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3774

Actions (login required)

View Item
View Item