Ranti Eni Wahyusa, 180213074 (2023) Penggunaan Media Mind Mapping Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMK Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
lagi edit (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Perencanaan karir dapat membantu siswa dalam memilih suatu bidang karir yang sesuai dengan potensi siswa, sehingga dapat berhasil dibidang perkejaan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan media mind mapping melalui layanan informasi efektif untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMK Negeri 2 Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-experimental dengan One-Group Pretes-Posttest Design. Sampel berjumlah 30 siswa dari 385 populasi dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert untuk mengukur tingkat perencanaan karir siswa. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji (Paired- Samples T test). Hasil penelitian menunjukkan t hitung sebesar 10,847 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 2.021( 10,847 > 2.021). artinya terjadi peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pengguanaan layanan informasi melalaui media mind mapping dapat meningkatkan perencanaan karir siswa SMK Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya tekait penggunaan media mind mapping untuk meningkatkan perencanaan karir siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling |
Depositing User: | Ranti Eni Wahyusa Ranti |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 02:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 02:47 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37764 |