Penerapan Metode Peta Konsep dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II Inti MAN 3 Aceh Selatan

Heri Safrida, 211323818 (2017) Penerapan Metode Peta Konsep dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II Inti MAN 3 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Belajar)
PDF SKRIPSI GABUNGAN (HERI SAFRIDA) 211323818.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan D HERI SAFRIDA.pdf]
Preview
Text
Form B dan D HERI SAFRIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode dapat dijadikan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang guru sebelum memasuki ruang belajar. Karena dengan adanya penggunaan metode yang tepat maka siswa akan lebih aktif serta pembelajaran yang ingin dilaksanakan lebih menyenangkan. Metode yang digunakan guru akan
mempengaruhi proses belajar mengajar yang nantinya dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Terlihat di kelas II Inti pada pembelajaran fiqih siswa ada yang kurang aktif dalam proses belajar mengajar dikarenakan penggunaan metode
belum bervariasi. Oleh sebab itu, peneliti mencoba untuk menerapkan metode peta konsep ini pada saat proses belajar mengajar dilakukan, agar siswa bisa aktif
ketika belajar. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas 2 Inti di MAN 3 Aceh
Selatan?. Metode Peta konsep adalah suatu cara untuk memperlihatkan konsep-konsep dalam sebuah bidang studi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Subyek
dalam
penelitian
ini
adalah
siswa
kelas
II

Inti MAN 3 Aceh Selatan yang
berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui instrumen observasi
aktivitas siswa dan guru serta tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan
rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada
siklus I dengan menggunakna metode peta konsep 64,28% menjadi 98,28% pada
siklus II, (2) Aktivitas guru pada siklus I dengan menggunakan metode peta
konsep 69, 64% menjadi 92,85% pada siklus II, dan (3) Hasil belajar fiqih siswa
pada penerapan metode peta konsep di siklus I memperoleh nilai rata-rata 66,25%
dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 86. Dengan demikian
penerapan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran fiqih di kelas II Inti MAN 3 Aceh Selatan dan kemampuan guru
lebih meningkat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Mustabsyirah M. Husein, M. Ag 2. Muhajir, S. Ag. M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Peta Konsep, Peningkatan hasil belajar, Fiqih
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heri Safrida
Date Deposited: 07 May 2018 02:21
Last Modified: 07 May 2018 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item
View Item