Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh pada Materi Pencemaran Lingkungan

Mardiati, 281324897 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang aktivitas dan hasil belajar siswa]
Preview
Text (Membahas tentang aktivitas dan hasil belajar siswa)
skripsi yang sudah di gabung imar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Islam Ibnu Khaldun khususnya pembelajaran biologi masih berpusat pada guru. Pembelajaran hanya terbatas pada satu jenis media pembelajaran, yaitu buku paket. Kondisi tersebut mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa, terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa hanya 50% siswa yang mencapai nilai KKM. Permasalahan tersebut perlu dicari solusi, yaitu dengan mengembangkan model maupun media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery berbasis media lingkungan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental design dibuat dalam bentuk One Group Pre-test and Post-test Design. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa serta soal tes. Analisis data aktivitas menggunakan uji persentase aktivitas siswa dan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05%. Hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa tergolong baik yaitu pada pertemuan pertama 80% dan pertemuan kedua 83%. Hasil analisis statistik menggunakan t-tes diperoleh thitung = 21,90, sedangkan ttabel = 1,71 sehingga thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan terjadi penerimaan Ha. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model guided discovery berbasis media lingkungan berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Kamal, M.Pd 2. Eva Nauli Taib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery, Media Lingkungan, Hasil Belajar Siswa, Pencemaran Lingkungan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Mardiati Sinaga
Date Deposited: 16 Aug 2017 08:02
Last Modified: 16 Aug 2017 08:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item
View Item