Rayyan Antika Putri, 170901170 (2024) Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Market Place Di Uin Ar- Raniry Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Konformitas, Perilaku Konsumtif, Market Place]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rayyan Antika Putri, 170901170, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa psikologi pengguna marketplace di UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Alat ukur penelitian ini yaitu skala konformitas teori Sears dan skala perilaku konsumtif teori Lina Rosyid. Jumlah populasi sebanyak 873 mahasiswa psikologi dari angkatan 2018- 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 174 mahasiswa psikologi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan iteknik icluster isampling. Hasil uji hipotesis diketahui nilai sig (2-tailed) antara konformitas (X) dengan Perilaku Konsumtif (Y) adalah 0,002< 0,05, artinya hipotesis diterima, yaitu terdapat korelasi yang signifikan antara variabel konformitas dengan variabel perialku konsumtif. Maka dapat diartikan bahwa semakin tinggi konformitas maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah konformitas maka semakin rendah pula perilaku konsumtif pada mahasiswa Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) 200 Religion (Agama) > 297 Islam |
Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Rayyan Antika Putri |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:23 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:23 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37970 |