Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 1 Aceh Besar

Sabrul Ramadhan, 190201097 (2024) Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 1 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemanpuan Pengelolaan Perangkat  Pembelajaran  Akidah  Akhlak di MAN 1 Aceh Besar] Text (Kemanpuan Pengelolaan Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Aceh Besar)
skripsi sabrul siap sidang.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan perangkat pembelajaran adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar dicapai kondisi yang optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar mengajar seperti yang diharapkan. Namun berdasarkan observasi awal masih ditemukan guru yang belum paham tentang kompetensi dalam pengelolaan perangkat pembejaran. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimanakah kemampuan guru dalam pengelolaan perangkat pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Aceh Besar ? Apa kendala yang dihadapi guru dalam mengelola perangkat pembelajaran di MAN 1 Aceh Besar?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui diskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan kemampuan guru dalam pengelolaan perangkat pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Aceh Besar sebagian besar sudah memenuhi kriteria sebagaimana telah termaktub dalam keputusan menteri agama (KMA), namun ada beberapa kekurangan di dalam RPP guru yaitu: 1. Materi pembelajaran, 2. Metode pembelajaran, 3. Sumber belajar, 4. Media pembelajaran, 5. Penilaian hasil pembelajaran. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam mengelola perangkat pembelajaran di MAN 1 Aceh Besar berdasarkan hasil wawancara dengan guru Akidah Akhlak, tentang mengelola perangkat pembelajaran di MAN 1 Aceh Besar terdapat 4 kendala yaitu : 1. Perumusan indikator, 2. Pada langkah langkah pembelajaran, 3. Kendala pada evaluasi, 4. Kendala pada bagian keterbatasan waktu. Guru Akidah Akhlak masih mempunyai kekurangan dalam mengelola perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabrul Ramadhan Sabrul
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:38
Last Modified: 19 Aug 2024 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37973

Actions (login required)

View Item
View Item