Pemanfaatan Media Platform Jelajah Ilmu pada Pembelajaran Fiqih

Nurul Akmaliya, 200201118 (2024) Pemanfaatan Media Platform Jelajah Ilmu pada Pembelajaran Fiqih. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan, Media, Platform Jelajah Ilmu, Fiqih] Text (Pemanfaatan, Media, Platform Jelajah Ilmu, Fiqih)
Nurul Akmalia, 200201118, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

MIN 20 Aceh Besar salah-satu madrasah yang memanfaatkan media platform jelajah ilmu. Namun, dalam proses pemanfaatanya masih kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru memanfaatkan media platform jelajah ilmu pada pembelajaran fiqih, untuk menemukan keunggulan dan kekurangan pemanfaatan media platfrom jelajah ilmu pada pembelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian yaitu satu orang guru fiqih dan 6 orang peserta didik kelas V. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara petunjuk kepada guru dan peserta didik dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform jelajah ilmu pada pembelajaran fiqih sudah berjalan dengan baik, terbukti guru dan peserta didik sudah menggunakan platform jelajah ilmu pada pembelajaran fiqih untuk mencari bahan ajar seperti e-book, video pembelajaran dan file-file yang dibagikan guru. Pemanfaatan media platform jelajah ilmu pada pembelajaran fiqih tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu mengetahui perkembangan teknologi, tersedia fitur pengumuman, dapat berinteraksi dengan cepat, tersedia bahan ajar fiqih, dapat merekap hasil evaluasi, belajar tanpa ruang dan waktu, anggaran murah, dan mempermudah pengiriman tugas sedangkan kekuranganya membutuhkan jaringan yang kuat, tidak dapat mendownload bahan ajar fiqih, tidak tersedia asesmen untuk penilaian fiqih dan membutuhkan Random Access Memory (RAM) yang besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Akmaliya Nurul
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:12
Last Modified: 20 Aug 2024 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37974

Actions (login required)

View Item
View Item