Hubungan Stress Akademik Dengan Academic Burnout Pada Anggota Sanggar Seni Seulaweueut UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Novia Rahmadani, 200901072 (2024) Hubungan Stress Akademik Dengan Academic Burnout Pada Anggota Sanggar Seni Seulaweueut UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Stress Akademik Dengan Academic Burnout Pada Anggota Sanggar Seni Seulaweueut UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Hubungan Stress Akademik Dengan Academic Burnout Pada Anggota Sanggar Seni Seulaweueut UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Novi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa yang mengalami academic burnout diakibatkan rasa malas dan kejenuhan saat perkuliahan. Banyak mahasiswa yang mencari pelarian dengan bergabung dalam organisasi, salah satunya yaitu Sanggar Seni Seulaweuet. Mereka mencari aktivitas yang memberi kesibukan tanpa tekanan belajar atau ekspektasi nilai tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 78 mahasiswa yang bergabung dalam Sanggar Seuni Seulaweuet dengan total populasi 100 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan mengunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,771 dengan nilai (p = 0,000) yang berarti ada hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan academic burnout. Hubungan kedua variabel positif, yang bermakna semakin tinggi stres akademik maka semakin tinggi pula academic burnout. Sebaliknya semakin rendah stres akademik maka semakin rendah pula academic burnout.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Novia Rahmadani Novia
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:00
Last Modified: 20 Aug 2024 02:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37996

Actions (login required)

View Item
View Item