Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Problem Based Learning pada Siswa SMP/MTsN

Nuri Hafiza, 261324672 (2018) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Problem Based Learning pada Siswa SMP/MTsN. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pemecahana Masalah]
Preview
Text (Membahas tentang Pemecahana Masalah)
NURI HAFIZA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

Menurut NCTM kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Salah satu model pembelajaran yang dapat menyelesaikan permasalahan matematika adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan yang diterapkan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan desain pretest-postest equivalent design group. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (1) Dengan menggunakan uji paired sample t test diperoleh thitung = 14,53 dan ttabel = 1,71. Maka thitung > ttabel, hal ini berarti terima H1 tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (2) Berdasarkan uji-t independen, kriteria pengujian yang berlaku adalah tolak H_0 jika diperoleh, t_(hitung )>t_tabel, karena didapat thitung = 8,10 dan ttabel = 1,67, maka dapat disimpulkan bahwa 8,10>1,67 sehingga H_0 ditolak atau terima H_1, berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Adapun dari hasil uji t di atas dapat dideskripsikan peningkatan dan perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada setiap indikator yaitu 1) Kemampuan menuliskan unsur-unsur yang diketahui dari yang sebelumnya 49% meningkat menjadi 96% dan mengalami perbandingan untuk hasil postest kelas eksperimen 96% dan hasil postest kelas kontrol 88%; 2) Menuliskan unsur-unsur yang ditanya dari yang sebelumnya 33% meningkat menjadi 96% dan mengalami perbandingan untuk hasil postest kelas eksperimen 95% dan hasil postest kelas kontrol 88%; 3) Membuat model matematika dari yang sebelumnya 25% meningkat menjadi 74% dan mengalami perbandingan hasil postest kelas eksperimen 74% dan hasil postest kelas kontrol 55%; 4) Menerapkan prosedur (operasi hitung) dari yang sebelumnya 12% meningkat menjadi 59% dan mengalami perbandingan hasil postest kelas eksperimen 59% dan hasil postest kelas kontrol 44%; 5) Memeriksa kembali hasil penyelesaian pemecahan masalah dari yang sebelumnya 1% meningkat menjadi 49% dan mengalami perbandingan hasil postest kelas eksperimen 49% dan hasil postest kelas kontrol 23%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. M. Duskri, M. Kes; 2. Susanti, S. Pd.I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nuri Hafiza
Date Deposited: 09 May 2018 08:12
Last Modified: 09 May 2018 08:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item
View Item