Devi Rinanda, 200602055 (2024) Pengaruh Logo Halal dan Religiusitas Keislaman Terhadap Minat Konsumsi Makanan Siap Saji: Peran Literasi Halal Sebagai Pemoderasi (Studi Pada Mahasiswa Kopelma Darussalam Banda Aceh). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Devi Rinanda, 200602055, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Pengaruh era Globalisasi berdampak besar terhadap ketersedian pangan. Berbagai jenis bahan olahan dijual bebas terutama makanan siap saji. Dibalik proses produksi makanan siap saji ini masih digunakan teknologi tinggi sehingga dalam proses pengolahan makanan siap saji tersebut belum jelas kehalalannya. Oleh karena itu Sebagai konsumen muslim tentunya sangat penting memperhatikan adanya logo halal pada suatu kemasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh logo halal dan religiusitas keislaman terhadap minat konsumsi makanan siap saji dengan peran literasi halal sebagai pemoderasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, metode kuantitatif yang diterapkan terdiri dari regresi linier dan Moderated Regression Analysis (MRA). Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial variabel logo halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumsi makanan siap saji. Secara parsial variabel religiusitas keislaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumsi makanan siap saji. Variabel logo halal dan religiuistas keislaman berpengaruh secara simultan terhadap minat konsumsi makanan siap saji. Selanjutnya variabel literasi halal mampu memoderasi variabel logo halal terhadap minat konsumsi makanan siap saji. Variabel literasi halal mampu memoderasi religiusitas keislaman terhadap minat konsumsi makanan siap saji.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Devi Rinanda Devi |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:26 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38034 |