Muhammad Balya, 201003083 (2024) Penggunaan Buku Qira’ah Rasyidah dengan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca bagi Siswa MTsS Jabal Nur Aceh Utara. Masters thesis, Pascasarjana.
![[thumbnail of Penggunaan Buku Qira’ah Rasyidah dengan Model Cooperative Learning]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Balya, 201003083, PASCA, PBA, 082277580416.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (17MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa siswa di MTsS Jabal Nur mengalami kesulitan dalam memahami teks yang terdapat dalam buku Qira’ah Rasyidah, dan guru hanya memberi latihan berupa menerjemahkan teks sebagai lanjutan ketika beliau melaksanakan proses belajar mengajar. Peneliti melakukan penelitiannya dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan buku Qira’ah Rasyidah dengan model Cooperative Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan buku Qira’ah Rasyidah dengan model Cooperative Learning. Adapun penelitian yang dilakukan pada tesis ini adalah penelitian eksperimen, dan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes dan angket. Peneliti menemukan bahwa hasil p-value lebih kecil dari taraf signifikansi ( = 0.05) (0.00<0.05), hal ini menunjukkan bahwa penggunaan buku Qira’ah Rasyidah dengan model Cooperative Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan. Adapun hasil respon siswa terhadap penggunaan buku Qira’ah Rasyidah dengan model Cooperative Learning menunjukkan respon yang sangat tinggi yaitu dengan hasil rata-rata 3,43
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Balya Balya |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:07 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:07 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38044 |