Pengaruh Penggunaan Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 3 Montasik pada Materi Usaha dan Energi

Intan Kemala Sari, 251324536 (2017) Pengaruh Penggunaan Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 3 Montasik pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
INTAN KEMALA SARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMPN 3 Montasik umumnya masih rendah. Permasalahan ini disebabkan kurangnya minat peserta didik terhadap proses pembelajaran dan ditambah dengan metode ajar yang masih konvensional. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik dalam memecahkan permasalahan yang dialaminya selama proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dianggap tepat oleh peneliti adalah Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi usaha dan energi dan mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran Talking Stick. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan control group pretest-posttest design, dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar angket peserta didik. Data hasil tes dianalisis dengan uji statistik berupa mean (nilai rata-rata) dan data dari hasil angket respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 84, dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 74,10, dengan hasil uji t menunjukkan bahwa yaitu 3,56 > 1,68 pada taraf signifikan 95%, yang bearti Ha diterima. Persentase respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Talking Stick adalah sangat positif dengan kriteria sangat setuju 77,5%, yang menjawab setuju 19,5% dan kurang setuju 3,0%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran materi Usaha dan Energi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd; 2. Sri Nengsih, S.Si. M.Sc
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Usaha dan Energi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Intan Kemala Sari
Date Deposited: 21 Jun 2018 10:03
Last Modified: 21 Jun 2018 10:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item
View Item