Sy Sella, 170209097 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Estafet Writing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Skripsi revisi Stlh Sidang Shella.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil survey awal peneliti lakukan di kelas III-B MIN 20 Aceh Besar, terdapat beberapa permasalahan pada proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kurang memahami materi pembelajaran, kurang termotivasi, dan hasil belajar masih rendah, hal tersebut disebabkan karena model yang diterapkan kurang sesuai dengan pembelajaran bersifat kurang efektif, sehingga banyak siswa kesulitan dalam memahami pembelajaran. dengan demikian alternative solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model Estafet writing. Penelitian bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran estafet writing pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan lembar tes. Analisis yang diperlukan yaitu analisis hasil pengamatan aktivitas guru, siswa dan analisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I 73,43% kategori baik meningkat pada siklus II 85,93% kategori baik sekali, aktivitas siswa siklus I 65,38% kategori cukup meningkat pada siklus II 90,38% kategori baik sekali, dan hasil belajar siswa siklus I 61% tuntas kategori baik meningkat siklus II 86% siswa tuntas kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Estafet writing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sy Sella Sella |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:27 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38100 |