Hubungan Agreeableness Dengan Forgiveness Pada Siswa MTsN 1 Medan

Mutia Faizah, 200901037 (2024) Hubungan Agreeableness Dengan Forgiveness Pada Siswa MTsN 1 Medan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Agreeableness Dengan Forgiveness Pada Siswa MTsN 1 Medan] Text (Hubungan Agreeableness Dengan Forgiveness Pada Siswa MTsN 1 Medan)
MUTIA FAIZAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Siswa MTsN 1 Medan sering mengalami kesulitan dalam memaafkan teman, diri sendiri, atau situasi yang menyakitkan, yang dapat menyebabkan stres emosional, hubungan interpersonal yang buruk, dan penurunan kesejahteraan psikologis. Salah satu faktor yang mempengaruhi forgiveness adalah agreeableness. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara agreeableness dan forgiveness pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di MTsN 1 Medan yang berjumlah 326 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 167 siswa yang ditentukan berdasarkan tabel Issac dan Michael. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar r= 0,911 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima yaitu terdapat hubungan agreeableness dengan forgiveness pada siswa MTsN 1 Medan yang signifikan. Hubungan kedua variabel menunjukkan bahwa semakin tinggi agreeableness maka semakin tinggi pula Forgiveness. Sebaliknya semakin rendah agreeableness maka semakin rendah Forgiveness.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Mutia Faizah Mutia
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:15
Last Modified: 22 Aug 2024 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38115

Actions (login required)

View Item
View Item