Pengaruh Permainan Laptop Mainan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK APPSI Kuala Ba’u Aceh Selatan

Cut Afrijah, 170210107 (2024) Pengaruh Permainan Laptop Mainan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK APPSI Kuala Ba’u Aceh Selatan. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Laptop Mainan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini] Text (Pengaruh Permainan Laptop Mainan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini)
Cut Afrijah, 170210107, FTK, PIAUD, 081260004987.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permainan laptop mainan merupakan sebuah APE yang dirancang untuk mengembangkan perkembangan bahasa pada anak. Dengan adanya APE perkembangan bahasa anak dalam mengenal anak, perkembangan bahasa anak dalam menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya sehingga dapat perkembangan bahasa pada anak. Perkembangan bahasa di TK APPSI (Asosiasi Pendidikan Pembangunan Seluruh Indonesia ) Kuala Ba’u Aceh Selatan masih kurang yaitu: menyimak, merespon, memahami arti atau informasi, dan mengekpresikan ide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan laptop maainan terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di TK APPSI (Asosiasi Pendidikan Pembangunan Seluruh Indonesia ) Kuala Ba’u Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yaitu kelompok B yaitu berjumlah 14 orang peserta didik. Penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi untuk melihat perkembangan bahasa anak. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan bahasa anak sebelum menggunakan permainan laptop mainan dengan nilai rata-rata 2 dengan kriteria mulai berkembang (MB), dan perkembangan bahasa anak setelah menggunakan permainan laptop mainan dengan nilai rata-rata 3 dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan hasil analisis uji-t di peroleh thitung =15,7 dan ttabel=1,771 dengan derajat bebas (db) 10 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel sehingga Hα diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan permainan laptop mainan terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di TK APPSI (Asosiasi Pendidikan Pembangunan Seluruh Indonesia ) Kuala Ba’u Aceh Selatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Cut Afrijah Afrijah
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:56
Last Modified: 22 Aug 2024 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38150

Actions (login required)

View Item
View Item