Latief Hidayanah, 200201100 (2024) Penerapan Metode 3t+1m Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di Kelas X-IPA 1 MAN 4 Aceh Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Metode 3t+1m Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di Kelas X-IPA 1 MAN 4 Aceh Timur]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Latief Hidayanah, 200201100, FTK, PAI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan minat yang rendah pada program tahfizh di MAN 4 Aceh Timur. Siswa yang mengikuti program tahfizh semakin hari semakin sedikit karena belum menemukan metode yang tepat dari guru dalam proses menghafal Al-Qur’an, sehingga banyak siswa yang tidak mencapai target yang telah ditentukan. Oleh karena itu, metode 3T+1M menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam menghafal Al-Qur’an, guna memudahkan siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an, sehingga dapat mencapai target hafalan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode 3T+1M dalam menghafal Al-Qur’an siswa di MAN 4 Aceh Timur dan hasil dari penerapan metode 3T+1M dalam menghafal Al-Qur’an siswa di MAN 4 Aceh Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode 3T+1M dalam menghafal Al-Qur’an siswa mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil tes menghafal Al-Qur’an siswa, dibuktikan dari pemerolehan nilai persentase aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 80,76% menjadi 90,38% pada siklus II. Adapun nilai persentase aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 78,84% menjadi 88,46% pada siklus II. Adapun hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil post tes pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,33 menjadi 83,08 pada siklus II dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 53,33% (7 siswa yang memperoleh nilai tuntas) menjadi 83,58% (10 siswa yang memperoleh nilai tuntas) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode 3T+1M dalam menghafal Al-Qur’an mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang mengikuti tahfizh kelas X-IPA 1 di MAN 4 Aceh Timur.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode 3T+1M, Menghafal Al-Qur’an |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Latief Hidayanah |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:12 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:12 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38175 |