Dampak Penggunaan Game Online Player Unknowns Battle Ground (PUBG) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry

Rinaldi Setiawan, 140401050 (2024) Dampak Penggunaan Game Online Player Unknowns Battle Ground (PUBG) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry. Other thesis, Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Dampak Penggunaan Game Online Player Unknowns Battle Ground (PUBG) Terhadap Prestasi Akademik] Text (Dampak Penggunaan Game Online Player Unknowns Battle Ground (PUBG) Terhadap Prestasi Akademik)
Rinaldi Setiawan, 140401050, FDK, KPI, 082214999662.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Player Unknown’s Battleground adalah game yang mensimulasikan pengguna sebagai seorang yang akan bertahan hidup dari lawan-lawan lain yang ada di dalam aplikasi ini. Game Online PUBG memiliki kecenderungan membuat pemainnya kecanduan dan dapat berdampak terhadap prestasi akademik di kalangan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan game online Player Unknowns Battle Ground Terhadap Pencapaian Akademik, (2) Untuk mengetahui pencapaian prestasi akademik mahasiswa di Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Adapun yang menjadi subjek penelitian di sini adalah mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam fakultas Dakwah dan Komunikasi angkatan 2014 sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain game online tidak berdampak terhadap prestasi akademik mahasiswa, tetapi juga ada dampak negatif yaitu suka bergadang dan berbicara dengan bahasa yang kurang pantas. Bermain game online hanya sekedar melepaskan penat dan stress di waktu luang. Prestasi akademik mahasiswa cenderung baik karna rata-rata mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3.00

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas > 307.76 Komunitas Kota
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rinaldi Setiawan Rinaldi
Date Deposited: 23 Aug 2024 04:04
Last Modified: 23 Aug 2024 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38247

Actions (login required)

View Item
View Item