Penerapan Model Time Token dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SMP Darussalam

Dasril Hidayat, 211323846 (2017) Penerapan Model Time Token dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SMP Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Time Token]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Time Token)
Dasril Hidayat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Tercapainya sebuah pembelajaran tentunya juga harus didukung oleh pemilihan metode dan model pembelajaran. Seorang guru harus memilih model yang tepat agar proses belajar mengajar lebih efektif. Namun pada kenyataannya di SMP 1 Darussalam Aceh Besar guru masih kurang tepat dalam memilih model, oleh sebab itu proses belajar mengajarpun menjadi suasana jenuh dan kurang aktif. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran ini adalah model Time Token. model pembelajaran ini adalah salah satu model yang mengatur waktu durasi berbicara dan pemberian kesempatan untuk berbicara kepada masing-masing siswa akan mewujudkan keteraturan siswa dalam berbicara atau mengemukakan pendapat. Permasalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Penerapan model Time Token pada mata pelajaran Fiqih (2) Bagaimanakah Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan menerapkan model Time Token. Penelitian ini mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II 3 SMP 1 Darussalam Aceh Besar yang berjumlah sebanyak 21 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa dan hasil test siswa, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Adapun hasil penilitian yang diperoleh adalah (1) aktivitas guru pada siklus I dengan menggnakan model Time Token dari 71,87 % menjadi 87,5 % pada siklus II, (2) aktivitas siswa pada siklus I dengan menggunakan model Time Token 66,67 menjadi 95,05 pada siklus II dan (3) hasil belajar Fiqih pada siklus I dengan menggunakan model Time Token 71,43% menjadi 90,5% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar Fiqih pada materi ketentuan shalat sunnah rawatib dengan menggunakan model Time Token menunjukkan hasil yang sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih aktif dan kemampuan guru lebih meningkat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hamdiah, MA 2. Mashuri, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Time Token, Meningkatkan Hasil Belajar, Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dasril ds dasrilhidayat
Date Deposited: 11 May 2018 04:05
Last Modified: 11 May 2018 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3829

Actions (login required)

View Item
View Item