Rini Saputri, 180209122 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Intergrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intesif Siswa Kelas IV SDN 32 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Intergrated Reading And Composition Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intesif Siswa Kelas IV SDN 32 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rini Saputri, 180209122, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Kurangnya membaca intensif saat belajar dapat dilihat dari siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau kegiatan berbentuk cerita sehingga sering mengajukan pertanyaan yang sama karena belum sepenuhnya mampu memahami bacaan intesif yang telah dibaca baik dari buku ajar maupun papan tulis. Dengan permasalahan tersebut untuk meningkatkan membaca intensif siswa perlu menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition 2) Mengetahui aktivitas siswa dalam menerapkan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition 3) Untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif setelah menerapkan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Instrumen yang digunakan lembar obsevasi aktivitas guru, siswa, dan soal tes kemampuan membaca intesif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru siklus I diperoleh sebesar 70,58% kategori baik kemudian meningkat pada siklus II sebesar 92,64% kategori baik sekali (2) Aktivitas siswa siklus I diperoleh sebesar 73,52% meningkat pada siklus II 91,17% kategori baik sekali (3) Hasil tes membaca intensif siswa siklus I sebesar 53,33% kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 86,66% kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SDN 32 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rini Saputri |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 02:57 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 02:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38343 |