Tathbiq Madkhal Atta’allum Atta’awuni Biwasiilati Scramble Litarqiyyati Qudrati Thalabati ‘Ala Maharatil Qiraati Bi SMP 19 Percontohan Banda Aceh

Nabila Rahmah, 210202161 (2024) Tathbiq Madkhal Atta’allum Atta’awuni Biwasiilati Scramble Litarqiyyati Qudrati Thalabati ‘Ala Maharatil Qiraati Bi SMP 19 Percontohan Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif] Text (Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif)
تطبيق مدخل التعلم التعاوني بوسيلة Scramble لترقية قدرة الطالبات (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama, peneliti berpendapat bahwa permasalahannya adalah alat yang digunakan guru adalah buku bahasa arab dan papan tulis. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan membaca awal, antara lain ditemukan bahwa (1) guru tidak menggunakan media pembelajaran tertentu tetapi guru mengajarkan membaca dengan menuliskannya di papan tulis. (2) Pembelajaran yang masih berpusat pada guru karena guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Dan kesalahan siswa dalam membaca teks bahasa arab, misalnya huruf ث, dibaca س, atau huruf ز dibaca ذ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan respon siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media Scramble Untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa (studi eksperimental di SMP 19 Percontohan Banda Aceh). Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen dengan desain One Grup Pre Test Post Test Desain. Peneliti menggunakan pre-test, post-test, dan angket sebagai metode pengumpulan data. Adapun hasil tes penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif menggunakan metode Scramble Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca, peneliti menemukan bahwa hasil Paired Sample T-Test dengan tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif Ha diterima dan Hipotesis Ho ditolak. Adapun hasil respon siswa tentang Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Media Scramble Untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa kelas 8 di SMP 19 Percontohan Banda Aceh adalah positif, peneliti memperoleh jawaban positif 60,8 % dibandingkan dari jawaban negative yaitu 39,16 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nabila Rahmah Nabila
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:33
Last Modified: 28 Aug 2024 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38365

Actions (login required)

View Item
View Item