Bujang Saputra, 421307202 (2024) Metode Bimbingan Islami Terhadap Penyandang Cacat (Studi di Yayasan BUKESRA “Bina Upaya Kesejateraan Para Cacat” Gampong Doy Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Metode Bimbingan Islami Terhadap Penyandang Cacat]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penting diberikan bimbingan islami bagi anak penyandang cacat pada Yayasan Bukesra mengingat minimnya pengetahuan mereka tentang Islam disebabkan keterbatasan fisik dan psikis yang dimiliki. Proses bimbingan islami yang dilakukan dan kendala yang dihadapi Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (Bukesra) dalam memberikan bimbingan islami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode bimbingan islami yang diterapkan di Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (Bukesra), proses bimbingan islami yang dilakukan di Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (Bukesra) dan kendala yang dihadapi Yayasan Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (Bukesra) dalam memberikan bimbingan Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data, dilakukan melalui data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian bahwa Metode bimbingan islami yang diterapkan oleh pembimbing terhadap siswa di Yayasan Bukesra ialah metode secara langsung kepada si anak agar apa yang diajarkan dapat dipahami oleh anak. Dimana guru dan siswa secara langsung bertatapan muka dalam proses pembelajaran dengan dilakukan secara berulang-ulang agar siswa mampu memahami materi yang dipelajarinya. Proses bimbingan islami yang dilakukan oleh pembimbing terhadap siswa di Yayasan Bukesra, diterapkan dengan dua langkah, yaitu secara kelompok dan individu. Melalui bimbingan kelompok dengan melakukan praktek ibadah secara berkelompok, yang mana pembimbing mempraktekkan hal tersebut di depan para siswa agar dapat dilihatnya secara langsung. Adapun bimbingan yang dilakukan secara individual, proses bimbingannya dilakukan melalui face to face agar materi yang diajarkan lebih mudah untuk dipahami si anak, dan si pembimbing pun dapat lebih intens dalam membimbingnya. Kendala internal dikarenakan para guru di Yayasan Bukesra karenan para guru bukan lulusan Sarjana program studi Bimbingan Konseling Islam serta keterbatasan siswa. Kendala eksternal berupa keterbatasannya sarana dan prasara proses bimbingan dan dukungan masyarakat sekitar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Bujang Saputra Putra |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:05 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38408 |