Iana Husni, 170201062 (2024) Interaksi Edukatif Tengku Di TPA Ma’syaral Athfa Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Interaksi Edukatif Tengku Di TPA Ma’syaral Athfa Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Iana Husni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Interaksi edukatif merupakan hubungan timbal balik yang terjadi antara guru dan siswa yang ditunjukkan dengan adanya hubungan yang bersifat mendidik. Interaksi edukatif bila diterapkan dengan baik dan kontinu dapat menumbuhkan suatu motivasi pada siswa, sehingga dapat menunjang keefektifan suatu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Interaksi Edukatif antara Tengku dengan Santri Di TPA Ma’syaral Athfal Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi interaksi edukatif di TPA Ma’syaral Athfal, bagaimana kendala-kendala interaksi edukatif di TPA Ma’syaral Athfal, dan bagaimana solusi yang diterapkan Tengku dalam menghadapi kendala-kendala interaksi edukatif di TPA Ma’syaral Athfal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi interaksi edukatif di TPA Ma’syaral Athfal menggunakan pola komunikasi/interaksi satu arah dan dua arah, dengan menerapkan langkah pembelajaran seperti mempelajari materi terlebih dahulu dan melakukan do’a bersama. Kendala yang dialami oleh Tengku dalam interaksi edukatif di TPA Ma’syaral Athfal antara lain tidak maksimalnya pembelajaran secara kontinu, kegaduhan dalam proses belajar mengajar, tidak hadirnya santri di kelas, serta kurangnya fasilitas yang disediakan berupa papan tulis. Solusi yang dilakukan Tengku dalam mengatasi segala kendala yang terjadi selama proses pembelajaran diantaranya memberikan teguran, mencari fasilitas pada kelas lain, serta memberikan hukuman kepada murid.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iana Husni Iana |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:22 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38440 |