Model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTsN 1 Aceh Besar

Miftahul Jannah, 200201056 (2024) Model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTsN 1 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak] Text (Model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak)
Miftahul Jannah, 200201056, FTK, PAI, 085213207567.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Model pembelajaran Problem based learning cocok diterapkan pada mata pelajaran aqidah akhlak pada penelitian ini peneliti menerapkan pada materi akhlak terpuji, Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yaitu dari observasi penulis mendapatkan bahwa nilai belajar siswa tidak mencapai KKM, dari metode ceramah yang diterapkan, oleh karena itu peneliti ingin menggunakan model pembelajaran PTK dengan menerapkan metode Problem Based Learning. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimankah aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran akidah akhlak dengan menerapkan model pembelajaran Problem based learning? 2. Bagaimankah hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Poblem based Learning? Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian in meliputi data Observasi dan tes, Sedangkan Instrument penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar soal berupa pre-test dan pos-test untuk melihat hasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem based learning meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa meningkat dari 63% (Baik) di siklus I menjadi 94,73% (sangat baik) di siklus II, dan aktivitas guru meningkat dari 72,36% (Baik) di Siklus I menjadi 96,42 (Sangat baik) di siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Model problem based learning terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak materi akhlak terpuji di MTsN 1 Aceh Besar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahul Jannah Mif
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:16
Last Modified: 30 Aug 2024 07:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38518

Actions (login required)

View Item
View Item