Upaya Guru Pai Mengatasi Siswa Underachiever Dalam Proses Pembelajaran Di Smp Negeri 18 Banda Aceh

Yosnita Berlian Purba, 200201166 (2024) Upaya Guru Pai Mengatasi Siswa Underachiever Dalam Proses Pembelajaran Di Smp Negeri 18 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru Pai Mengatasi Siswa Underachiever Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 18 Banda Aceh] Text (Upaya Guru Pai Mengatasi Siswa Underachiever Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 18 Banda Aceh)
Yosnita Berlian Purba, 200201166, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Dalam upaya membantu siswa mengatasi kesulitan guru perlu memahami segala potensi, masalah kesulitan-kesulitannya, dan latar belakang. Siswa yang mengalami underachiever ini disebabkan karena kurangnya perhatian dari orang tua, lemah dalam berusaha, kurang motivasi keluarga, minat, kebiasaan serta pengaruh lingkungan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi siswa underachiever guru PAI harus mampu mendorong keberhasilan proses belajar mengajar, dengan memahami karakter ataupun kepribadian siswa, melakukan banyak interaksi dengan siswa underachiever, memberikan motivasi dan membuat perencanaan, langkah-langkah, dan penilaian untuk proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan guru PAI dalam mengatasi siswa underachiever di SMP Negeri 18 Banda Aceh, (2) langkah-langkah guru PAI dalam mengatasi siswa underachiever di SMP Negeri 18 Banda Aceh, (3) penilaian guru PAI terhadap siswa underachiever di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian yaitu: kepala sekolah, satu orang guru PAI, dan dua orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI mengatasi siswa underachiever dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 18 Banda Aceh sudah dilaksanakan dengan baik. Perencanaan yang dilakukan adalah dengan menyiapkan bahan ajar, mengecek kehadiran, mengkondisikan kelas agar nyaman untuk belajar, mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, menyiapkan infocus dan buku ajar. Untuk langkah-langkah pelaksanaan adalah dengan mempraktikkan langsung media ajar yang sudah dirancang seperti memanfaatkan barang bekas untuk membuat produk pembelajaran. Penilaian yang dilakukan guru PAI adalah dengan memberikan tugas tambahan seperti quis, dan setoran hafalan kepada siswa underachiever.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yosnita Berlian Purba
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:06
Last Modified: 03 Sep 2024 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38533

Actions (login required)

View Item
View Item