Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Gambar Dalam Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 10 Banda Aceh.

Siti Nurhalimah Asha Lubis, 200209003 (2024) Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Gambar Dalam Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 10 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Gambar] Text (Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Gambar)
lubis (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas IV MIN 10 Banda Aceh, ditemukan bahwa siswa kelas IV MIN 10 Banda Aceh banyak yang terlihat sulit memahami materi yang diajarkan. Diantaranya siswa yang cenderung bosan dengan pembelajaran yang monoton menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar PKn siswa rendah. Oleh karena itu, siswa membutuhkan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa seperti menciptakan lingkungan belajar yang kreatif dan tidak membosankan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam pembelajaran PKn dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament di kelas IV MIN 10 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV/B yang berjumlah 25 siswa. Kriteria ketuntasan minimal individual yang ditetapkan yaitu 70 dan untuk ketuntasan klasikal sebesar 80%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I hanya mencapai 76,72%, dan pada siklus II menjadi 91,37%. Observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 72,41%, dan pada siklus II menjadi 90,51%. Adapun untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh 64% (belum mememuhi ketuntasan klasikal). Pada siklus II menjadi 86% (sudah memenuhi ketuntasan klasikal). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nurhalimah Asha Lubis Asha
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:02
Last Modified: 03 Sep 2024 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38539

Actions (login required)

View Item
View Item