Rusdian Hernanda, 211323893 (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Rusdian Hernanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (984kB) | Preview
Abstract
Pembentukan akhlak pada manusia dimulai sejak dini yang dilakukan dalam pendidikan informal yaitu dari keluarga. Baik buruknya akhlak anak tidak terlepas dari pengaruh pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal, disamping adanya ke ikut sertaan keluarga dan masyarakat untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada yang lebih baik. Pembentukan akhlak juga dilakukan di pendidikan formal, hal ini menjadi tujuan terbentuknya generasi bangsa yang taat beragama, tak terkecuali pembentukan akhlak yang terjadi di SMK Negeri 1 Bireuen.Adapun yang menjadi pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di SMKN 1 Bireuen?, (2) Upaya apa saja yang dilakukan guru PAI dalam pembentukan akhlak siswa di SMKN 1 Bireuen? (3) Kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam pembentukan akhlak siswa SMKN 1 Bireuen?. Penulis melakukan penelitian dengan cara terjun ke lapangan (Field Research) yaitu di SMK Negeri 1 Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Kemudian data yang didapat di lapangan diolah menggunakan teknik analisis deskriptif. Data yang didapat di lapangan adalah data dari hasil wawancara, observasi, dan dokomentasi di lapangan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi guru dalam pembentukan akhlak siswa di SMA Negeri 1 Bireuen diantaranya: ceramah, pembiasaan, keteladanan. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam pembentukan akhlak siswa yaitu guru melakukan bimbingan agama dan pembiasaan kepada siswa SMKN 1 Bireuen, akhlak terhadap diri sendiri, dan akhlak terhadap lingkungan. Peranan guru PAI di SMK Negeri 1 Bireuen yaitu sebagai pembimbing, teladan dan penasehat. Bentuk bimbingan secara langsung guru PAI di SMK Negeri 1 Bireuen yaitu ; guru membimbing jalannya doa pada awal pelajaran, membimbing kegiatan ekstra keagamaan seperti shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah. Peran guru PAI sebagai penasehat di SMK Negeri 1 Bireuen yaitu dengan memberikan nasehat dan solusi baik pada siswa secara umum maupun siswa yang mempunyai masalah. Dalam pembentukan akhlak siswa, guru mendapat beberapa kendala, diantaranya : kurangnya perhatian dari orang tua, kurangnya kesadaran siswa untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan, pengaruh pergaulan, pengaruh teknologi, dan kurang kerjasama guru mata pelajaran lain dengan guru PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Muji Mulia, S.Ag., M.Ag 2. Irwandi S.Pd.I., MA. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Pembentukan Akhlak, Siswa |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rusdian hernanda |
Date Deposited: | 14 May 2018 03:38 |
Last Modified: | 14 May 2018 03:38 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3856 |