Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP IT Nurul Islah Banda Aceh

Dinda Azhari Br Surbakti, 200201145 (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP IT Nurul Islah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP IT Nurul Islah Banda Aceh] Text (Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP IT Nurul Islah Banda Aceh)
Dinda Azhari Br Surbakti, 200201145, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penerapan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa sebagaimana diimplementasikan dalam kurikulum merdeka sudah sejatinya dilakukan. SMP IT Nurul Islah Banda Aceh, adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka, namun realitanya pelaksanaan metode pembelajaran sebagaimana yang diharapkan dalam kurikulum merdeka sudah sejauh mana dilaksanakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi metode pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII di SMP IT Nurul Islah Banda Aceh. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi metode pembelajaran yang diterapkan, kendala yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan wakil kurikulum, guru PAI, dan siswa, serta dokumentasi modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, serta model pembelajaran berbasis masalah. Kendala utama yang dihadapi mencakup kurangnya minat siswa, perbedaan latar belakang, dan keterbatasan sarana prasarana. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala melibatkan kolaborasi dengan wali kelas dan guru BK, penyesuaian metode pembelajaran, penggunaan bahan ajar alternatif, dan penciptaan alat peraga sendiri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat tantangan, implementasi metode pembelajaran sudah sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar dan telah dilakukan penyesuaian yang efektif untuk meningkatkan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Azhari Br Surbakti
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:35
Last Modified: 02 Sep 2024 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38593

Actions (login required)

View Item
View Item