Efektivitas Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV MIN 30 Pidie

Raisya Nuzulia, 200209061 (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV MIN 30 Pidie. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Efektivitas, Model Pembelajaran Experiential Learning, Keterampilan Menulis] Text (Efektivitas, Model Pembelajaran Experiential Learning, Keterampilan Menulis)
Raisya Nuzulia, 200209061, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Siswa mengalami mengalami kebuntuan pada saat menulis teks narasi sehingga tidak dapat menuangkan ide ke dalam tulisan. Selain itu, kaidah kebahasaan juga tidak terapkan dengan tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan perubahan pada proses pembelajaran menggunakan model experiential learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV MIN 30 Pidie dengan menggunakan model pembelajaran experiential learning dan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran experiential learning untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV MIN 30 Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen : one group pretest posttest. Data diperoleh melalui tes tulis, angket, dan observasi selanjutnya dianalisis menggunakan uji statitistik deskriptif, normalitas, paired sample t test, dan n-gain. Keefektifan suatu model pembelajaran ditentukan oleh empat indikator, yaitu ketuntasan belajar (keterampilan menulis), respon positif siswa, pengelolaan pembelajaran, dan aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh (1) Pada indikator ketuntasan belajar keterampilan menulis teks narasi, diperoleh ketutasan klasikal sebesar 85%, t_hitung (12,085) > t_tabel (1,725) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 dan mean n-gain sebesar 0.5787 atau 57.87% dikategorikan cukup efektif. (2) Pada indikator respon positif siswa diperoleh t_hitung 6,240 > t_tabel (1,725) dengan signifikansi < 0,05 n-gain dengan hasil 0,56 atau 56% termasuk kategori cukup efektif. (3) Pada indikator pengelolaan pembelajaran, terdapat peningkatan dari 54% menjadi 89,5%. (4) Pada indikator aktivitas pembelajaran, terdapat peningkatan yang observasi awal menunjukkan 56,8% meningkat 93% di observasi akhir. Dengan demikian, terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran experiential learning dan termasuk dalam kategori cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV MIN 30 Pidie

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raisya Nuzulia Raisya
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:39
Last Modified: 02 Sep 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38594

Actions (login required)

View Item
View Item