Kendala Siswa SMPN 2 Peukan Bada Aceh Besar Terhadap Pembelajaran Pai

Putri Hummairah, 180201095 (2024) Kendala Siswa SMPN 2 Peukan Bada Aceh Besar Terhadap Pembelajaran Pai. Other thesis, UIN AR-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kendala Siswa SMPN 2 Peukan Bada Aceh Besar Terhadap Pembelajaran Pai] Text (Kendala Siswa SMPN 2 Peukan Bada Aceh Besar Terhadap Pembelajaran Pai)
skripsi jadi.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Putri Hummairah
NIM : 180201095
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Agama Islam Judul : Kendala Siswa SMPN 2 Peukan Bada Aceh Besar
Terhadap Pembelajaran PAI
Tebal Skripsi : 74 halaman Pembimbing I : Dr. Nufiar, S.Ag.,M.Ag Pembimbing II : M.Yusuf, S.Ag.,MA
Kata kunci : Kendala, Siswa, Pembelajaran PAI

Pembelajaran merupakan interaksi antara pengajar dengan pelajar untuk menumbuh kembangkan pengetahuan dan keterampilan. Pada hakikatnya pembelajaran merupakan komunikasi timbal balik antara guru dan siswa. pada dasarnya setiap siswa mempunyai kendala dalam melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu,guru harus mengetahui kendala yang dialami siswa serta mencari solusi untuk menyelesaikan kendala tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dialami siswa SMPN 2 Peukan Bada Aceh Besar terhadap pembelajaran PAI serta untuk mengetahui upaya apa yang harus dilakukan guru dalam menghadapi kendala belajar siswa SMPN 2 Peukan Bada Aceh Besar dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan(field research). Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket, observasi, serta dokumentasi. Adapun kendala yang dialami siswa SMPN 2 Peukan Bada Aceh Besar terletak pada kurangnya kemampuan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, serta guru PAI yang tidak menggunakan metode dan media pembelajaran yang variatif sehingga menyebabkan pembelajaran monoton. Upaya yang dilakukan guru untuk menghadapi kendala belajar siswa dalam pembelajaran PAI dilakukan dengan memantau kemampuan membaca Al-Qur’an siswa setiap minggunya, mengadakan program tahsin dan diniyah, memberikan motivasi pada siswa dengan memberikan nasehat secara lisan, serta meningkatkan kemampuan mengembangkan metode dan media belajar agar pembelajaran tidak monoton. Serta diperlukannya kerjasama antara pihak sekolah dengan keluarga siswa agar tercapai hasil belajar yang maksimal sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Hummairah Putri
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:03
Last Modified: 02 Sep 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38615

Actions (login required)

View Item
View Item