Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahan Ditinjau Dari Segi Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada PT. Lafarge Cement Indonesia)

Cut Hardianti, 140602110 (2024) Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahan Ditinjau Dari Segi Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada PT. Lafarge Cement Indonesia). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR)  Pada Perusahan Ditinjau Dari Segi Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada PT. Lafarge Cement Indonesia)] Text (Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahan Ditinjau Dari Segi Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada PT. Lafarge Cement Indonesia))
Cut Hardianti, 140602110, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dalam dunia bisnis, tidak hanya berbicara mengenai keuntungan dan kegiatan produksi saja karena lambat laun muncul pandangan bahwa lingkungan sosial merupakan bagian penting dalam perkembangan bidang ekonomi bagi perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) harus diterapkan dalam organisasi atau perusahaan. Untuk menerapkan CSR, perusahaan harus menyadari bahwa masyarakat adalah milik mereka juga. Program CSR yang strategis dapat berkontribusi pada pengurangan kemiskinan dan ketidakadilan sosial dalam masyarakat. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan menganalisis CSR pada lingkungan dalam tinjauan etika bisnis Islam. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi CSR pada PT. LCI di Lhoknga ? dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap implementasi CSR di PT. LCI ? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CSR pada PT. LCI di Lhoknga dan untuk menganalisis dari tinjauan etika bisnis Islam serta memberikan informasi dan sumbangan pemikiran dalam bidang ekonomi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research) . Penelitian ini dilakukan di PT. LCI Lhoknga dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis kualitatif yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi CSR dibagi kepada empat sektor yaitu, sektor pendidikan, sektor pembangunan ekonomi masyarakat, sektor kesehatan dan sektor sosial keagamaan. Program CSR yang dilakukan oleh PT. LCI berdampak positif bagi masyarakat, dalam artian masyarakat dapat merasakan manfaat dari pada pelaksanaan CSR yang dilaksanakan oleh PT.LCI. Adapun tinjauan dalam etika bisnis Islam, pelaksanaan CSR di PT. LCI pada dasarnya sejalan dengan nilai-nilai etika bisnis Islam yaitu ihsan, keadilan, amanah dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CSR, Etika Bisnis Islam, CSR dalam Islam.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Hardianti
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:32
Last Modified: 04 Sep 2024 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38758

Actions (login required)

View Item
View Item