Syafira Aini Beru Ginting, 180210015 (2024) Analisis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di TK IT Baitusshalihin Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Skripsi Cetak Siang ini Bismillahirrahmanirrahim.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
TK IT Baitusshalihin merupakan salah satu TK di Banda Aceh yang telah menyelenggarakan PAUD Holistik Integratif (HI), berdasarkan temuan awal TK IT Baitusshalihin menyelenggarakan PAUD Holistik Integratif berdasarkan dengan standar nasional PAUD, memiliki pedoman kurikulum dan memiliki fasilitas penunjang layanan seperti pojok baca kelas, layanan UKS dan menjalin kerja sama dengan beberapa instansi dinas dan mitra terkait. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik meneliti penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif secara lebih mendalam di TK IT Baitusshalihin Banda Aceh. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan dan kendala PAUD Holistik Integratif di TK IT Baitusshalihin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Intrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan 1 Guru di TK IT Baitusshalihin Banda Aceh. Hasil penelitian ditemukan bahwa penyelenggaraan PAUD Holistik Integartif di TK IT Baitusshalihin meliputi; Layanan Pendidikan menggunakan Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran intrakulikuler, ekstrakulikuler dan kokulikuler berbasis sentra dan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar serta bekerja sama dengan beberapa instansi dinas dan mitra terkait. Layanan Kesehatan, Gizi dan Perawatan memiliki beberapa program diantaranya Program pembiasaan dalam bentuk kegiatan rutin, Program pemberian makanan tambahan Program pemeriksaan kesehatan, DDTK dan imunisasi oleh Puskesmas Kecamatan Ulee Kareng. dan program unit kesehatan gigi sekolah bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala. Layanan Pengasuhan dalam bentuk program perenting, beberapa program kegiatan sekolah yang mengikutsertakan orang tua seperti kegiatan stifin, kelas inspiratif, parents teaching dan lainnya. Layanan Perlindungan berupa sarana dan prasarana sekolah yang aman, bersih, sehat, nyaman dan indah bagi anak dan beberapa sosialisasi dan peraturan di sekolah, Layanan Kesejahteraan membantu orang tua mengurus Kartu KIA, program subsidi silang dan pemberian penghargaan kepada anak. Kendala penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif terdiri dari 4 kategori yaitu sarana dan prasarana, Anak, Guru, dan Orang tua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Syafira Aini Beru Ginting Syafira |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:15 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 02:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38772 |