Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPA Al-Ishlahiyah Lambhuk Kota Banda Aceh

Rahmatillah, 180201048 (2024) Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPA Al-Ishlahiyah Lambhuk Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPA  Al-Ishlahiyah Lambhuk Kota Banda Aceh] Text (Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPA Al-Ishlahiyah Lambhuk Kota Banda Aceh)
Rahmatillah, 180201048, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh anak, yang merupakan bekal untuk kehidupan anak. Kegiatan pembelajaran Al-Qur’an harus memperhatikan kaidah syar’i. Kemampuan membaca Al-Quran adalah kecakapan membaca dengan bagus dan benar sesuai dengan tuntunan syariat sebagaimana yang telah dijelaskan dalam ilmu tajwid. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian penulis yang mengamati TPA Al-Ishlahiyah Lambhuk ini sebagai lembaga pembelajaran Al-Qur’an anak-anak usia 4 sampai 12 tahun. Dalam hal ini, peneliti lebih memfokuskan titik penelitian di kelas TPA 2, dikarenakan dikelas TPA 2 ini para santri sudah Iqra 5 dan 6 yaitu tahapan transisi ke tahapan menuju Al-Qur’an. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPA Al-Ishlahiyah Lambhuk Kota Banda Aceh serta faktor pendukung dan penghambat santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPA Al-Ishlahiyah Lambhuk Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya kemampuan santri yang bervariasi seperti santri yang masih kurang dipelafalan huruf-huruf yang hampir sama bacaannya, panjang pendek, wajibul ghunnah, hukum nun mati dan mim mati. Hal ini dikarenakan kelalaian santri, ketidakseriusan ustad/ustazah dalam mengajar serta peran penting orang tua dalam mengulangi pembelajaran di TPA. Faktor pendukung kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPA Al-Ishlahiyah Lambhuk adalah manajemen, pendidik, kurikulum, metode, materi bahan ajar, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPA Al-Ishlahiyah Lambhuk adalah tidak adanya pengulangan dirumah, minat dan bakat terhadap Al-Qur’an yang sangat kurang, serta ketidakdisiplinan orang tua, pengurus, dan pengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmatillah Rahmatillah
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:48
Last Modified: 05 Sep 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38773

Actions (login required)

View Item
View Item