Implementasi Metode Talqin Pada Program Tahfidz Al-Qur’an Santri TPQ Nurul Qalbu Aceh Besar

Nurul Hasfrida, 180201081 (2024) Implementasi Metode Talqin Pada Program Tahfidz Al-Qur’an Santri TPQ Nurul Qalbu Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Metode Talqin Pada Program Tahfidz Al-Qur’an Santri TPQ Nurul Qalbu Aceh Besar] Text (Implementasi Metode Talqin Pada Program Tahfidz Al-Qur’an Santri TPQ Nurul Qalbu Aceh Besar)
Nurul Hasfrida, 180201081, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tahfidz Al-Qur’an adalah suatu amal ibadah, yang akan mengalami hambatan dan rintangan, baik dari dalam maupun dari luar diri, apalagi di zaman sekarang dimana arus globalisasi tidak dapat dihindarkan. Kerumitan di dalamnya yang menyangkut ketepatan membaca dan pengucapan tidak bisa diabaikan begitu saja, sebab kesalahan sedikit saja akan merubah makna. Masih banyak TPQ atau lembaga lainnya yang kesulitan dalam menentukan metode dalam menghafal Al- Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode talqin pada program tahfidz Al-Qur’an dan faktor pendukung dan penghambat metode taqlin di TPQ Nurul Qalbu Aceh Besar. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana implementasi metode talqin pada program tahfidz Al-Qur’an santri TPQ Nurul Qalbu Aceh Besar dan apa saja faktor pendukung dan penghambat mengimplementasikan metode talqin pada program tahfidz Al-Qur’an santri TPQ Nurul Qalbu Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang di observasi dalam penelitian ini adalah penerapan metode talqin pada tahfidz Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talqin sangat efektif dalam menghafal Al-Qur’an, karena setiap kesalahan terkecil dari santri buat dalam menghafal Al-Qur’an di perbaiki langsung oleh ustadzah. Kemudian dalam metode talqin tersebut ustadzah langsung dapat mengoreksi bacaan santri, santri lebih mudah dalam memahami kaidah-kaidah dalam ilmu tajwid, serta membangun kedetakan santri dan ustadzah. Faktor pendukungnya adalah kemampuan pengajar, kerjasama antara ustadzah dengan orangtua. Sedangkan faktor penghambat adalah pengajar tidak memiliki kemampuan yang mumpuni dalam memahami ilmu Al-Qur’an. Santri tidak disiplin untuk hadir ke TPQ, dan waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Hasfrida
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:49
Last Modified: 05 Sep 2024 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38777

Actions (login required)

View Item
View Item