Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 2 Sabang

Siti Zulaikha, 200209039 (2024) Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 2 Sabang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)] Text (Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS))
Siti Zulaikha, 200209039, FTK, PGMI, 085275577159.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Membaca merupakan suatu kegiatan pembaca setiap siswa harus dituntut untuk bisa membaca terlebih dahulu. Tetapi dibalik itu semua masih terdapat 8 siswa dari 15 siswa dikelas II-A belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terutama dalam membaca permulaan. Berikut ini tujuan dari terlaksanakannya penelitian adalah mampu membuat siswa mengalami peningkatan dalam hal membaca permulaan kelas II SD Negeri 2 Sabang dengan menggunakan metode SAS berbantuan gambar ilustrasi. Subjek yang diteliti adalah 15 siswa, terbagi menjadi 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Dalam pengumpulan data peniliti menggunakan metode yang dipakai meliputi tes untuk mengevaluasi kemajuan kemampuan awal membaca siswa dan observasi untuk memantau kegiatan siswa dan guru selama kegiatan belajar mengajar, khususnya setelah penerapan metode SAS. Temuan dari studi ini menandakan adanya peningkatan yang signifikan setelah penerapan metode SAS di setiap siklusnya. Pada siklus I belum mengalami peningkatakan sehingga belum tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai 53%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 93%. Hasil dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan metode SAS berbantuan gambar ilustrasi dapat membantu dalam proses pembelajaran sehingga hasil yang didapatkan mengalami peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sehingga hasil dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan oleh sekolah tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.1 Organisasi dan Aktivitas pada Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Zulaikha Siti
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:03
Last Modified: 05 Sep 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38796

Actions (login required)

View Item
View Item