Nailil Maqfirah, 150209050 (2024) Analisis Implementasi Pembelajaran Tematik di MIN 35 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Salah satu ciri pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam menghubungkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada peserta didik. Adapun Tema merupakan pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi landasan utama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan-hambatan dalam pembelajaran tematik di MIN 35 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas VI dan siswa kelas VI. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tematik di MIN 35 Aceh Besar sudah meggunakan RPP tematik. Namun dalam pelaksanaan pembelajarannya masih belum menggunakan pembelajaran tematik yang sempurna, seperti dalam perangkat pembelajaran masih memisahkan mata pelajarannya atau pembelajaran konvensional. Kendala-kendala yang dialami guru dalam kelaksanakan pembelajaran tematik adalah kurangnya pemahaman guru terhadap cara membuat perencanaan pembelajaran, pelaksanaannya dan kurangnya sarana dan prasarana yang disediakan disekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nailil Maqfirah Nailil |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:00 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 02:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38815 |