Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa SMK 1 Sigli

Musfirah, 200201127 (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa SMK 1 Sigli. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa SMK 1 Sigli] Text (Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa SMK 1 Sigli)
Musfirah, 200201127, FTK, PAI, 085380108997 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang sangat pesat karena pengaruh globalisasi. Pada saat ini, penurunan akhlakul karimah peserta didik sudah sering ditemukan dan tidak menjadi hal yang baru lagi dengan ditemukannya peserta didik yang tidak memiliki sikap sopan santun terhadap orang lain. Proses bimbingan dan pembinaan akhlak bagi siswa merupakan suatu momentum untuk mengatasi segala macam tindakan siswa yang menuju kepada perilaku yang tidak sesuai norma, sehingga bimbingan dan penyuluhan memberikan jalan pemecahan dan alternatif dari segala macam problem yang dihadapi siswa. Dalam rangka pembinaan akhlak mereka, sosok guru Pendidikan Agama Islam perlu menggunakan strategi khusus sehingga diharapkan berdampak positif pada peningkatan keagamaan dan pembinaan akhlak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji secara mendalam strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Negeri 1 Sigli, (2) menganalisis pola pembinaan akhlak yang diterapkan, (3) mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembinaan akhlak tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di SMK Negeri 1 Sigli menggunakan berbagai strategi untuk membina akhlak siswa, di antaranya adalah keteladanan, pembiasaan, nasihat, hukuman, dan latihan. Pola pembinaan akhlak yang diterapkan di SMK Negeri 1 Sigli meliputi berbagai kegiatan rutin seperti baca do’a dan al-qur’an sebelum mulai pembelajaran dan program khusus seperti pengajian dan ceramah dalam seminggu sekali. Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak di SMK Negeri 1 Sigli mencakup komitmen dan kerjasama yang baik antara guru, orang tua, dan siswa, serta lingkungan sekolah yang mendukung pembinaan akhlak melalui berbagai kegiatan positif. Selain itu, dukungan dari pihak sekolah dalam menyediakan program-program yang mendukung pembinaan akhlak juga merupakan faktor penting. Adapun beberapa faktor penghambat antara lain kurangnya sarana dan prasarana pendukung seperti ruang khusus untuk kegiatan keagamaan dan pengaruh negatif dari lingkungan luar sekolah yang dapat mempengaruhi perilaku siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Musfirah Firah
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:50
Last Modified: 06 Sep 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38816

Actions (login required)

View Item
View Item