Khairurrizqi, 200201140 (2024) Implementasi Nilai Adab Santri Kelas Ii Terhadap Tengku Dalam Perspektif Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Di Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Implementasi Nilai Adab Santri Kelas Ii Terhadap Tengku Dalam Perspektif Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Di Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Khairurrizqi, 200201140, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Tengku adalah orang yang berperan dalam memberikan pembelajaran terkhusus pembelajaran agama Islam. Dalam proses pembelajaran tidak hanya sekedar mengajar saja akan tetapi membimbing, mengarahkan, menilai dan membentuk karakter yang berakhlak mulia. Skripsi ini membahas tentang Implementasi Nilai Adab Santri Kelas II terhadap Tengku dalam Perspektif Kitab Ta’lim Al-Muta’allim di Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar dengan permasalahan: 1) Bagaimana nilai adab dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim?.2) Bagaimana peran Tengku dalam mengajarkan kitab Ta’lim Al-Muta’allim kepada santri kelas II di Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar?.3) Bagaimana implementasi nilai adab santri kelas II terhadap Tengku di Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan instrumen penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan di lapangan bahwa: 1) Nilai adab dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim meliputi adab santri yang baik terhadap Tengkunya baik ketika proses pembelajaran maupun di luar jam pelajaran 2) Peran Tengku dalam mengajarkan kitab Ta’lim Al-Muta’allim Tengku selalu mengingatkan, mengarahkan serta menasehati santrinya. 3) Implementasi nilai adab santri kelas II-F terhadap Tengku di Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar sudah terimplementasikan sesuai kitab Ta’lim Al-Muta’allim ditandai dengan takzimnya santri terhadap Tengkunya, kesopanan santri ketika proses pembelajaran seperti menghormati Tengku, mempunyai adab ketika berbicara dengan Tengku, mengimplementasikan adab ketika bertanya, selalu menampakkan wajah yang gembira dan menghormati keluarga Tengku serta menyimak pelajaran Tengku serta mengulang kembali apa yang diajarkan Tengku walaupun masih ada sebagian santri yang masih jarang mengulang materi pelajaran. Simpulan dalam penelitian ini adalah Tengku sangat mempunyai peran dalam membentuk nilai adab sesuai dengan kitab Ta’lim Al-Muta’allim, tidak hanya Tengku saja namun santri juga mempunyai peran penting agar mampu mengimplementasikan nilai adab sesuai kitab Ta’lim Al-Muta’allim.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khairurrizqi Rizqi |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:48 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 02:48 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38831 |