Paradigma Pendidikan Islam: Teori dan Praktik Pembelajaran

Sri Astuti, 2009098201 and Munawwarah, 2009129301 (2024) Paradigma Pendidikan Islam: Teori dan Praktik Pembelajaran. 1 ed. Zahir Publishing, Yogjakarta. ISBN 978-623-466-487-4

[thumbnail of Sri Astuti_Paradigma Pendidikan_Lengkap (1).pdf] Text
Sri Astuti_Paradigma Pendidikan_Lengkap (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan persoalan yang sangat fundamental terhadap kemajuan suatu bangsa. Ketika bangsa tersebut ingin maju, maka syarat utama yang harus diperhatikan adalah tingkat pendidikannya. Karena tingkat Pendidikan akan berpengaruh besar terhadap Sumber Daya Manusia selanjutnya dapat mewujudkan ilmu dan teknologi menuju peradaban yang gemilang. Salah satu komponen pendidikan yang utama dan paling menentukan keberhasilan pendidikan adalah guru. Guru harus memiliki kompetensi, yaitu; pedagogik, professional, sosial, kepribadian, kepemimpinan dan spiritual. Kemudian, dibandingkan teori psikologi Barat tersebut yang mengakui pengaruh bawaan, lingkungan, dalam teori psikologi Islam lebih luas. Selain itu teori psikologi Barat tidak sampai pada konsep al-ruh dan al-fitrah, melainkan hanya pada jism, akal dan nafs manusia saja. Karena itu, paradigma pendidikan Islam memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri yang berbeda dengan paradigma pendidikan yang lain. Paradigma pendidikan Islam merupakan suatu sudut pandang yang tidak hanya bertumpu pada strategi, model dan sumber belajar. Akan tetapi peran guru sebagai pembimbing intelektual dan spiritual, sebab fungsi dan peran guru tidak hanya mencerdaskan secara akal seorang murid. Pada konteks ini juga dapat ditegaskan bahwa dalam pendidikan Islam konsep yang lebih tetap adalah ta’dib atau menjadikan seseorang beradab, tidak hanya mencerdaskan (ta’lim) atau tarbiyah.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Astuti Tuti
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:33
Last Modified: 06 Sep 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38834

Actions (login required)

View Item
View Item