Dahlia Arisandi, 201004008 (2024) Pengembangan Kitab Mulakhkhas Qawaid al-Lughah al-‘Arabiyah dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi dalam Menerapkan Qawaid Sharaf (Penelitian dan Pengembangan di Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Tesis Dahlia Arisandi Lengkap.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Proses belajar mengajar dianggap suatu proses terstruktur yang diajarkan oleh guru dan siswa berdasarkan komponen pendidikan yang sesuai. Kinerjanya memerlukan pendekatan yang tepat, terutama dalam pengajaran kaidah morfologi. Salah satunya adalah pendekatan kognitif. Pendekatan ini memberikan perhatian khusus pada proses berpikir individu terhadap keterampilan berpikir kritis dan inovatif, keterampilan belajar dan motivasi. Oleh karena itu, Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar memperhatikan pengajaran kaidah morfologi, dan kitab yang digunakan adalah kitab Mulakkhas Qawaid al-Lughah al-‘Arabiyah untuk tahap Aliyah. Peneliti menemukan bahwa kitab ini tidak terdapat latihan-latihan di dalamnya dan siswi hanya sedikit berlatih sehingga mereka tidak mampu dalam menguasai pelajaran. Siswi hanya bergantung pada Pelajaran yang dijelaskan oleh guru. Oleh karena itu, pembelajaran condong monoton dan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kitab Mulakkhas Qawaid al-Lughah al-‘Arabiyah dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan kognitif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah morfologi, keefektifannya, dan respon siswa. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan ADDIE. Populasi berjumlah 326 siswi, dan sampel penelitiannya berjumlah 35 siswi. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan observasi, wawancara, tes, dan membagikan angket. Peneliti menemukan hasil penelitian bahwa: 1) Pengembangan kitab Mulakhkhas Qawaid al-Lughah al-‘Arabiyah dengan LKPD berbasis pendekatan kognitif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah morfologi di Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar menggunakan model ADDIE dengan lima langkah: analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Peneliti merancang LKPD menggunakan program Canva. Penilaian kedua ahli terhadap LKPD ini adalah 87,5% dan 93,7% yang menunjukkan kriteria yang sangat bagus. 2) Penggunaannya menunjukkan tingkat signifikansi 0,00 lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan keefektifan. 3) Hasil respon siswi sebesar 93,04%. Dan itu menunjukkan kriteria istimewa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Dahlia Arisandi Lia |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:51 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 02:51 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38846 |