Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 18 Banda Aceh

Rizka Indria, 200201163 (2024) Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 18 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 18 Banda Aceh] Text (Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 18 Banda Aceh)
Rizka Indria, 200201163, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran Intrakurikuler yang beragam di mana materi yang dibuat lebih optimal agar peserta didik memiliki waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru harus selalu siap dengan segala perubahan kebijakan yang terjadi di dalam ranah pendidikan. Adanya perubahan kurikulum para pendidik dihadapkan dengan berbagai tantangan di mana pendidik dituntut tidak hanya menguasai bidang ilmu, bahan ajar, metode belajar, tetapi juga keterampilan yang tinggi dan pemahaman yang luas tentang dunia pendidikan. SMPN 18 Banda Aceh menerapkan kurikulum merdeka pada tahun 2021 yang dilakukan secara bertahap, dengan adanya perubahan kurikulum tersebut dalam menerapkannya tentu terdapat permasalahan yang dialami oleh sekolah dan para guru di SMPN 18 Banda Aceh terkhususnya guru PAI. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui proses penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 18 Banda Aceh. 2). Mengetahui apa saja problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 18 Banda Aceh. 3). Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problematika penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 18 Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang penulis gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan kurikulum merdeka di SMPN 18 Banda Aceh dimulai pada tahun 2021 dan dilaksanakan menggunakan level mandiri berbagi. Problematika yang dihadapi guru PAI dalam penelitian ini menyatakan adanya tiga permasalahan yang terjadi, yaitu dalam menyusun perencanaan modul ajar, pelaksanaan pembelajaran di kelas yakni heterogenitas siswa, adanya perbedaan bakat dan minat sehingga susah dalam menentukan pembelajaran diferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan dalam menentukan asesmen penilaian yag cocok dengan materi. Kemudian banyaknya jenis dan bentuk asesmen pada pembelajaran proyek sehingga guru susah untuk menentukan pembelajaran berbasis proyek tersebut. Dan jga kurangnya pengetahuan guru terhadap IT dan tidak update terhadap TIK. Upaya yang dilakukan yaitu dengan mengikuti pelatihan, melakukan sharing sesama guru, menyusun perangkat pembelajaran sesuai kebutuhan belajar anak yang mudah dipahami, keluar dari zona nyaman, dan mulai update terhadap TIK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Indria
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:24
Last Modified: 09 Sep 2024 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38886

Actions (login required)

View Item
View Item