Analisis Pendidikan Karakter Displin Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri Lamreueng, Aceh Besar

Nurul Hidayah, 190209069 (2024) Analisis Pendidikan Karakter Displin Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri Lamreueng, Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Pendidikan Karakter Displin    Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan] Text (Analisis Pendidikan Karakter Displin Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan)
Nurul Hidayah,190209069, FTK, PGMI, 082249276069.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang memberikan dukungan terhadap penanaman karakter di Indonesia. Pendidikan karakter menjadi sebuah kesempatan untuk siswa mengembangkan kecerdasan, budi pekerti dan akhlak mulia. Pendidikan karakter diharapkan dapat bermakna bagi diri sendiri maupun orang lain. Karakter dapat membantu seseorang dalam belajar, mengikuti proses pembelajaran dan aktif dalam mengembangkan kemampuan diri. Pendidikan karakter dapat disalurkan melalui semua pembelajaran. Namun, pendidikan karakter mempunyai pembelajaran yang dapat memfokuskan karakter yang sesuai. Pembelajaran tersebut adalah pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pendidikan karakter disiplin siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, peran guru dalam mendidik karakter siswa, dan mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai karakter di SD Negeri Lamreung Aceh Besar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualiitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru wali kelas 4-B di SD Negeri Lamreung Aceh besar sebanyak 4 orang siswa dan 1 orang guru. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter disiplin pada siswa mendapatkan penanaman karakter yang baik dan dapat diterima oleh siswa. Siswa sudah mampu berseragam dengan baik, mendengarkan penjelasan guru di dalam kelas dengan fokus dan cermat, siswa juga cukup baik untuk tidak lalai ketika pelajaran sedang berlangsung, dan siswa memiliki dan mampu menerapkan kesopanan yang sudah tergambarkan dalam sikap yang ditunjukkan ketika kegiatan di dalam kelas dan sekolah terlaksanakan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Hidayah Nurul
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:34
Last Modified: 09 Sep 2024 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38899

Actions (login required)

View Item
View Item