Adi Saputra, 200201129 (2024) Problematika Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Pada Ma’had Al-Jam’iah UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Problematika Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Pada Ma’had Al-Jam’iah UIN Ar-Raniry]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Adi Saputra, 200201129, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebagian mahasiswa Pendidikan Agama Islamtidak lulus ujian tahsin danbelum mampu membaca Al-Qur’an dan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry seharusnya mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, namun kenyataannya setelah diadakan tes membaca Al-Qur’an yang merupakan aspek kelulusan pada MahadAl-Jami’ah, masih ada sebagian mahasiswa PAI yang tidak lulus, sehingga mereka harus melakukan ujian ulang untuk menentukan kelulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Tahsin Al-Quran mahasiswa Pendidikan Agama Islam pada Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwaProblematika pembelajaran Tahsin Al-Quran pada Ma’had Al-Jam’iah UIN Ar-Raniry oleh mahasiswa Pendidikan Agama Islam antara lain kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap kaidah ilmu tajwid, salah pengucapan makharijul huruf dan pengucapan huruf hijaiyah yang masih terbalik-balik, serta kurangnya antusias mereka dalam mengikuti kegiatan tahsin. Solusi yang diterapkan pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam menguasai ilmu tahsin melalui program Ma’had Al-Jam’iah UIN Ar-Raniry yaitu mengenalkan huruf asli dan melafalkan atau mencontohkannya secara langsung sesuai dengan makhraj, fokus terhadap bacaan serta mengulang-ulang materi yang diberikan, memberikan motivasi dan dorongan kepada mahasiswa, serta memberikan penguatan ingatan melalui penyajian makharijul huruf.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adi Saputra |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:56 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38912 |