Penerapan Metode Asistensi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Cot Keh Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur

Marwah Suhada, 180201190 (2024) Penerapan Metode Asistensi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Cot Keh Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Asistensi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Cot Keh Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur] Text (Penerapan Metode Asistensi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Cot Keh Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur)
Marwah Suhada, 180201190, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Metode asistensi adalah metode pembelajaran yang dapat membantu sekelompok orang dalam belajar. proses pembelajaran terjadi antara teman sebaya yang bertujuan untuk membantu ustazah dan teman-teman lainnya ketika terdapat kendala dalam menghafal Al-Qur'an. asisten yang membimbing santri dalam menghafal Al-Qur'an itu adalah teman sebayanya bukan dari seniornya karena mereka sama-sama berada di kelas Tahfidz yang target mereka sama dalam menyelesaikannya. Penulis melakukan penelitian di Pondok Pesantren Nurul Ulum Cot Keh Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode asistensi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an, kemudian apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapa metode asistensi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran yaitu mix method dengan teknik pengumpulan melalui observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode asistensi memberikan efek positif karena dapat membantu ustazah dan juga santri dalam menghafal Al-Qur'an. Mengenai faktor pendukungnya adalah adanya kesedian dari santri untuk menjadi asisten serta adanya dukungan dari teman-teman lainnya untuk menetapkan dia sebagai asisten. Untuk faktor penghambat adalah asisten yang membimbing mereka masuk kelas untuk mengikuti jam belajar tambahan. Hal tersebut bukanlah menjadi suatu kendala karena seminggu hanya ada sekali saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marwah Suhada
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:49
Last Modified: 10 Sep 2024 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38942

Actions (login required)

View Item
View Item