Implementasi Metode Qira`Ati Dalam Meningkatkan Ketepatan Membaca Al-Quran Di Pesantren Darul Arqam Kampung Baru, Labuhan Haji, Aceh Selatan

Putrie Ummu Balqis, 190201178 (2024) Implementasi Metode Qira`Ati Dalam Meningkatkan Ketepatan Membaca Al-Quran Di Pesantren Darul Arqam Kampung Baru, Labuhan Haji, Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Metode Qira`Ati Dalam Meningkatkan Ketepatan Membaca Al-Quran Di Pesantren Darul Arqam Kampung Baru, Labuhan Haji, Aceh Selatan] Text (Implementasi Metode Qira`Ati Dalam Meningkatkan Ketepatan Membaca Al-Quran Di Pesantren Darul Arqam Kampung Baru, Labuhan Haji, Aceh Selatan)
Putrie Ummu Balqis, 190201178, FTK, PAI, .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Membaca Al-qur'an memerlukan metode yang tepat. Metode qira'ati adalah suatu penerapan pembacaan secara langsung yang dieja oleh guru kemudian dipraktikkan kembali oleh santri sehingga memperkecil kesalahan bacaan Al- Quran. Namun, terdapat beberapa santri yang masih kesulitan dalam menerapkan makharijul huruf, shifatul huruf, nun mati, mim mati dan mad. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi metode qira'ati di Pesantren Darul Arqam Kampung Baru. Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode qira'ati. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model alur Kurt Lewin, yang terdiri dari 3 (tiga) siklus (empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Instrumen pengumpulan data yaitu lembar aktivitas kegiatan ustazah dan santri, lembar pertanyaan wawancara kepada observer, direktur dan tenaga pengajar. Hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi metode qira'ati dapat meningkatkan ketepatan kemampuan membaca makharijul huruf, shifatul huruf, nun-mati, mim- mati dan mad. Faktor pendukung implementasi metode qira ati adalah kemampuan ustazah yang mumpuni, minat santri, fasilitas memadai dan nyaman, materi sesuai kebutuhan dan lingkungan memotivasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang pemahaman guru terhadap metode qira ati, media yang kurang bervariasi, alokasi waktu, dan minim sarana dan prasarana yang memadai. Peran metode qira'ati sangat tepat dalam meningkatkan ketepatan membaca Al-Qur'an santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putrie Ummu Balqis Putrie
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:38
Last Modified: 10 Sep 2024 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38943

Actions (login required)

View Item
View Item